Hasil TM Boys Scout

Semarang, 24 Oktober tahun 2009

Berdasarkan kesepakatan bersama pembina pangkalan SMP/MTS se-Jawa Tengah dalam Technical Meeting Boys Scout Competition (BSC) III Tahun 2009 Guguslatih MIPA Racana Wijaya Gugusdepan kota Semarang 14.111-14.112 Universitas Negeri Semarang maka dihasilkan kesepakatan bersama mengenai kegiatan perlombaan BSC III. Hasil TM BSC III yaitu:

1. Lomba LCT

Waktu : Sabtu, 7 November 2009

Pukul 09.00-12.00

Tempat : pa ruang D3 119

pi ruang D4 lantai3

Ketentuan peserta:

1. Tiap regu terdiri dari 3 orang pa/pi

2. Menggunakan seragam pramuka lengkap

3. peserta membawa alat tulis sendiri

Bentuk kegiatan terdiri dari 3 babak

1. Babak penyisihan

– Tiap regu mengerjakan soal pilihan ganda secara beregu dalam waktu 45 menit

– Dari babak penyisihan diambil 5 besar untuk melanjutkan ke babak semifinal

2.Babak semi final

– Berupa menjawab soal secara rebutan

– Dari babak semi final diambil 5 besar untuk melanjutkan ke babak final

3.Babak final

Terdiri dari 2 game edukasi

Game edukasi I berupa mengerjakan soal pilihan ganda

– Tiap kelompok diberi waktu 10 menit untuk mengejakan soal pilihan ganda

Game edukasi II berupa mengerjakan soal simulasi

– Materi simulasi: Tali temali, Pertolongan pertama,dan semaphore]

Untuk menentukan Juara I,II, dan III dengan cara akumulasi skor dari semua babak

Kriteria penilaian : Ketepatan menjawab

2. Lomba PBB Tongkat

Hari, tanggal : Sabtu, 7 November 2009

Waktu : 13.00 WIB – selesai

Ketentuan peserta:

Tiap regu terdiri dari 10 peserta berpakaian pramuka lengkap

Tiap peserta membawa tongkat

Ketentuan Pelaksanaan:

Waktu tampil tiap regu maksimal 10 menit

Lapangan 9 x 9 meter

Gerakan yang diperagakan:

Gerakan Dasar

Gerakan perubahan tempat

Ketentuan penilaian

1.Ketepatan Gerakan

2.Ketepatan Waktu

3.Variasi Gerakan

4.Kekompakan ( Pakaian dan Gerakan )

Penguasaan Lapangan

PBB

Teknis Perlombaan

1.Pasukan datang tepat waktu

2.Seluruh peserta berada di tempat lomba pada saat lomba dilaksanakan

3.Regu yang mendapat giliran tampil berbaris di dalam lapangan perlombaan

4.Pemimpin pasukan lapor kepada juri, siap melaksanakan lomba

5.Juri menerima laporan, pemimpin menempatkan diri

6.Waktu lomba dimulai ketika ada bunyi peluit

7.Satu menit sebelum perombaan selesai akan ada peringatan

8.Setelah selesai pemimpin lapor kepada juri

9.Bunyi peluit panjang menandakan waktu habis

3. Lomba Pionering

WAKTU: SABTU, 7NOVEMBER 2009. PUKUL 09.00

MODEL YANG DIBUAT BERBENTUK JEMBATAN

BAHAN YANG DIGUNAKAN TONGKAT BAMBU DIAMETER 5cm, TALI PRAMUKA DAN PASAK

PESERTA MENGENAKAN SERAGAM PRAMUKA LENGKAP DENGAN ASESORIS BENDERA REGU

ALOKASI WAKTU 60 menit

Soal Pionering:

“Dalam sebuah pengembaraan di hutan, satu regu penggalang tersesat. Untuk bisa menemukan jalan pulang, para penggalang tersebut harus melalui sebuah sungai dengan lebar 2,5 meter dan tidak mungkin dilewati dengan langsung melintasinya. Ketika mereka telah mencapai sungai yang dimaksud, 3 orang dari mereka terluka dan membutuhkan pertolongan pertama dan sebisa mungkin langsung dibawa menuju bumi perkemahan. Oleh karena itu, mereka membagi tugas agar teman mereka yang terluka dapat segera ditangani. Jadi, 3 orang dari mereka melakukan pertolongan pertama dan 4 orang lainnya membuat jembatan. Tugasnya adalah, membuat jembatan agar teman 1 regu kalian dapat diselamatkan. Tetapi ingat, dalam pembuatan harus memenuhi aturan yang telah ditentukan.

Kriteria Penilaian

KEKUATAN SIMPUL

KREATIFITAS

KETEPATAN WAKTU

KERAPIHAN SIMPUL

4. Lomba Pentas Seni

Tema:

” Bersama Kita Wujudkan Generasi yang Menjaga Kebudayaan Bangsa di Tengah Krisis Kepercayaan Masyarakat Indonesia”

Ketentuan Peserta

Semua peralatan peserta menjadi tanggung jawab dari masing-masing regu

Alokasi waktu 10 menitUrutan penampilan sesuai undian

Tiap regu membawakan satu penampilan, baik individu maupun kelompok

Kriteria Penilaian

Kesesuaian dengan tema

Kreatifitas

Kekompakan/personalitas dalam penampilan

5. Halang Rintang

Waktu : Minggu, 8 November 2009

Tempat : Lingkungan FMIPA UNNES

Ketentuan Perlombaan

1. Tiap regu terdiri atas 10 anggota regu

2. Mengenakan pakaian lapangan

3. Melaksnakan 5 halang rintang, yaitu : meniti tali, merayap, menyebrang jembatan, jaring laba-laba dan ayunan

4. bagi anggota regu yang gagal dalam satu halang rintang, masih meiliki 1 kesempatan untuk mengulangi dengan nilai tertentu

5. Lomba dimulai dan diakhiri dengan tanda peluit

Ketentuan Pelaksanaan

1. Meniti Tali

Putra : Merayap tali

Putri : Meniti tali

panjang 3 m dan tinggi 0,5 m di atas tanah

HR 1

2. Merayap

panjang lintasan 5 m

lebar 0,5 m

tinggi 40 cm

HR 2

3. Menyebrang Jembatan Bambu

Panjang Lintasan 3 m, tinggi 0,5 m di atas permukaan tanah

HR 3

4. Jaring Laba-Laba

terdapat 10 lubang

lubang yang sudah dimasuki tidak boleh dimasuki lagi

HR 4

5. Ayunan

lebar ayunan 3 m

HR 5

Kriteria Penilaian

– Kesempurnaan

dari keberhasilan regu dalam menyelesaikan lomba tanpa adanya kegagalan dalam setiap pos halang rintang

– Kecepatan

diperhitungkan jika dalam nilai akhir didapatkan jumlah skor yang sama, maka pemenang ditentukan berdasarkan akumulasi waktu tercepat

6. Lomba SMS

Ketentuan peserta

    1. Setiap regu terdiri dari 3 orang peserta

    2. Peserta berseragam pramuka lengkap

    3. Peserta membawa alat tulis sendiri

    Ketentuan Lomba:

            Semaphore: peserta membaca Semaphore

              Morse: peserta membaca morse

                Sandi: Peserta membaca sandi 2 tingkat

                  Kriteria penilaian: ketepatan jawaban

                  Teknis pelaksanaanPeserta datang tepat waktu

                  1. Reka kerja membagi regu yang ada menjadi 2 kelompok besar

                  2. Kelompok pertama ditempatkan di pos semaphore, alokasi waktu 15 menit

                  Kelompok kedua ditempatkan di pos morse, alokasi waktu 15 menit

                  Ini dilakukan secara bergantian (rolling).

                  3. Peserta disatukan kembali di pos sandi, alokasi waktu 40 menit

                  Note:

                  Morse:

                  menggunakan bendera dengan kecepatan sedang. Sebatas bahu untuk tanda titik (.). Dibawah bahu untuk tanda strip (-)

                  Sandi:

                  Sandi yang digunakan, sandi yang umumnya diperoleh penggalang. Ini tidak hanya terpaku pada SKU. Bisa diambil dari sumber lain, namun masih dalam batas yang bias diterima oleh pramuka penggalang

                  note :
                  morse: kecepatan sedang, tidak ada pengulangan soal, peragaan pake bendera

                  Satu Tanggapan

                  1. salam pramuka!
                    kepada sangga kerja yang selalu riang gembira
                    kami mohon untuk kepastian jadwal dapat di sampaikan dan kriteria peniliaan secara detail karena ini kegiatan sejawa tengah serta tansparansi penilaian….. SEMOGA SUKSES DALAM KEGIATAN…..SALAM PRAMUKA

                    Suka

                  Tinggalkan Balasan

                  Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

                  Logo WordPress.com

                  You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

                  Gambar Twitter

                  You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

                  Foto Facebook

                  You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

                  Foto Google+

                  You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

                  Connecting to %s

                  %d blogger menyukai ini: