Guguslatih MIPA Memecahkan Rekor MURI

Gugus Latihan MIPA Universitas Negeri Semarang (Guslat MIPA Unnes) berhasil mencetak rekor baru Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI), yakni dalam membuat lukisan tokoh RA Kartini dari batok kelapa, Sabtu pagi (21/4). Pembuatan lukisan ini yakni dalam rangka untuk memperingati Hari Kartini 21 April.

Hebatnya, lukisan berukuran 6,9 x 4,2 meter tersebut diselesaikan dalam kurun waktu satu hari saja. Proses pengerjaannya meliputi proses penjemuran, pemilihan batok, pengamplasan, gambar sketsa, penempelan hingga proses finishing yakni pengecatan dengan cat clear.

Saat proses pengerjaannya sempat mengalami kendala, yakni dalam pencarian pelekat untuk menempel batok yang susah dicari. Lukisan ini menghabiskan batok kelapa sebanyak lima karung dengan berat masing-masing 30 kg, dan diselesaikan oleh 20 orang.

Dipilih menggunakan batok kelapa dalam pembuatan lukisan salah satu tokoh pahlawan nasional tersebut, ketua Guslat MIPA Unnes Aditya Candra mengatakan karena kelapa merupakan sebuah ikon yang identik dengan Pramuka. Selain itu dengan batok kelapa yang biasanya menjadi limbah, kini dapat dimanfaatkan menjadi sesuatu yang berguna.

Dikutip dari:
http://www.suaramerdeka.tv/view/video/31966/lukisan-kartini-dari-batok-kelapa

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: